Bus Uap   Layanan bus antarkota reguler dengan bus bertenaga uap dipelopori di Inggris pada tahun 1830-an oleh Walter Hancock dan oleh rekan-rekan Sir Goldsworthy Gurney, antara lain, menjalankan layanan yang dapat diandalkan atas kondisi jalan yang terlalu berbahaya untuk transportasi kuda.

Omnibus yang didorong secara mekanis pertama kali muncul di jalan-jalan London pada 22 April 1833. Kereta penumpang uap jauh lebih kecil kemungkinannya untuk terbalik, melaju lebih cepat dari gerbong yang ditarik kuda, jauh lebih murah untuk dijalankan, dan menyebabkan kerusakan permukaan jalan yang jauh lebih kecil karena ukuran ban yang lebar.

Namun, jalan tol yang diberlakukan oleh perusahaan pengelola jalan mendorong bertumbuhnya kendaraan jalan bertenaga uap dan bus kuda ditinggalkan, dan sejak 1861 dan seterusnya, undang-undang yang keras menghapuskan kendaraan yang didorong secara mekanis dari jalan Britania Raya selama 30 tahun, Undang-Undang Lokomotif tahun itu memberlakukan batas kecepatan terbatas pada “lokomotif jalan” dari 5 mph di kota besar dan kecil, dan 10 mph di wilayah pedesaan.

Bus Troli Pengembangan bus sejalan dengan penemuan bus troli, biasanya dialirkan melalui tiang troli oleh kabel listrk aliran atas. Siemens bersaudara, William di Inggris dan Ernst Werner di Jerman, berkolaborasi dalam pengembangan konsep bus troli. Sir William pertama kali mengusulkan gagasan itu dalam sebuah artikel di Journal of Society of Arts pada tahun 1881 sebagai “…pengaturan pada sebuah omnibus biasa…dengan tiang-tiang listrik yang sejajar di kedua pinggir jalan raya, dan dua kabel yang tergantung dari tiang-tiang ini, adalah tempat rol kontak berjalan di antara dua kabel ini, arus dapat dialirkan ke mobil trem, dan kembali lagi ke mesin dinamo di gardu listrik, tanpa perlu berjalan di atas rel sama sekali.”

Kendaraan pertama semacam itu, Electromote, dibuat oleh saudaranya Dr. Ernst Werner von Siemens dan diperkenalkan kepada publik pada tahun 1882 di Halensee, Jerman. Meskipun kendaraan eksperimental ini memenuhi semua kriteria teknis dari bus troli, kendaraan itu diafkirkan pada tahun yang sama setelah demonstrasi.

Max Schiemann membuka sebuah bus troli pengangkut penumpang pada tahun 1901 di dekat Dresden, Jerman. Meskipun sistem ini hanya beroperasi sampai 1904, Schiemann telah mengembangkan apa yang sekarang menjadi sistem pengumpulan bus troli standar saat ini. Pada hari-hari awal, beberapa metode pengaliran arus saat ini digunakan. Leeds dan Bradford menjadi kota pertama yang mengoperasikan bus troli di Britania Raya pada tanggal 20 Juni 1911.

Bus MotorDi Siegerland, Jerman, dua jalur bus penumpang berjalan sebentar, tetapi tidak menguntungkan, pada tahun 1895 menggunakan bus motor enam penumpang yang dikembangkan dari Benz Viktoria tahun 1893. Jalur bus komersial lain, yang menggunakan omnibus Benz model yang sama, berjalan untuk waktu yang singkat pada tahun 1898 di daerah pedesaan di sekitar Llandudno, Wales.

Daimler juga memproduksi salah satu model bus motor paling awal pada tahun 1898, menjual bus bertingkat ke Motor Traction Company yang pertama kali digunakan di jalan-jalan London pada 23 April 1898. Kendaraan itu memiliki kecepatan maksimum 18 km/h (11,2 mph) dan menampung hingga 20 penumpang, di area tertutup di bawah dan pada atap terbuka di atas. Dengan kesuksesan dan popularitas bus ini, Daimler memperluas produksi, menjual lebih banyak bus ke perusahaan-perusahaan di London dan, pada 1899, ke Stockholm dan Speyer. Daimler juga menjalin kemitraan dengan perusahaan Inggris Milnes dan mengembangkan bus tingkat pada tahun 1902 yang menjadi standar pasar.

Model bus yang diproduksi secara massal pertama adalah bus tingkat tipe B, yang dirancang oleh Frank Searle dan dioperasikan oleh London General Omnibus Company—itu mulai beroperasi pada tahun 1910, dan hampir 3.000 unit telah dibangun pada akhir dekade ini. Ratusan orang melihat bus ini berdinas militer di Front Barat selama Perang Dunia I.


Yellow Coach Manufacturing Company, yang dengan cepat menjadi produsen terbesar bus di AS, didirikan di Chicago pada tahun 1923 oleh John D. Hertz. General Motors membeli saham mayoritas pada tahun 1925 dan mengubah namanya menjadi Yellow Truck and Coach Manufacturing Company. Mereka kemudian membeli saldo saham pada tahun 1943 untuk membentuk GM Truck and Coach Division.

Model diperluas pada abad ke-20, yang mengarah pada pengenalan luas bentuk bus berukuran penuh yang dikenali kontemporer dari tahun 1950-an. AEC Routemaster, yang dikembangkan pada 1950-an, adalah desain rintisan dan tetap menjadi ikon London hingga hari ini. Desain inovatif menggunakan aluminium ringan dan teknik yang sebelumnya dikembangkan dalam produksi pesawat selama Perang Dunia II. Selain desain integral yang lebih menghemat beban, juga diperkenalkan untuk pertama kalinya pada suspensi depan independen, power steeringtransmisi otomatis, dan rem hidraulik untuk bus.

Sumber : https://id.wikipedia.org/wiki/Bus

Suka dengan artikel ini ? beri Rating dan Share yaa. Tq.

× Kontak WhatsApp
%d bloggers like this: